Friday, October 5, 2018

Berbagai Jenis Sistem Operasi


Adalah jenis sistem operasi yang menciptakan hubungan antara pengguna dan aplikasi membentuk inti dari sistem komputer.

Sesuatu yang memisahkan OS program dari perangkat keras dan menyederhanakan manajemen sumber daya dan sebelumnya juga sudah dijelaskan pada artikel The Operating System - Sistem Operasi .


Dan pada kali ini mari kita lihat berbagai jenis sistem operasi dan tahu bagaimana mereka berbeda satu sama lain. Sebuah sistem operasi adalah komponen perangkat lunak dari sebuah sistem komputer yang bertanggung jawab untuk pengelolaan berbagai kegiatan dari komputer dan berbagi sumber daya komputer.

Jenis Sistem Operasi

Beberapa aplikasi yang berjalan pada komputer dan menangani operasi perangkat keras komputer. Pengguna dan program aplikasi mengakses layanan yang ditawarkan oleh sistem operasi, melalui sistem panggilan dan antarmuka pemrograman aplikasi.

Pengguna berinteraksi dengan sistem operasi komputer melalui Command Line Interface (CLIs) atau Graphical User Interface dikenal sebagai GUI.

Singkatnya, sebuah sistem operasi memungkinkan interaksi pengguna dengan sistem komputer dengan bertindak sebagai antarmuka antara pengguna atau program aplikasi dan perangkat keras komputer. Berikut ini adalah ikhtisar dari berbagai jenis sistem operasi.


Berbagai Jenis Sistem Operasi

Sistem Operasi Real-time : sebuah sistem operasi multitasking yang bertujuan mengeksekusi aplikasi real-time.

Sistem operasi real-time sering menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga mereka dapat mencapai sifat deterministik perilaku. Tujuan utama dari sistem operasi real-time respon cepat dan diprediksi ke acara.

Mereka juga memiliki desain-event atau time-sharing satu. Sebuah sistem switch-event antara tugas-tugas berdasarkan prioritas mereka sementara sistem operasi time-sharing beralih tugas berdasarkan jam interupsi. Windows CE, OS-9, Symbian dan LynxOS adalah beberapa dikenal sistem operasi real-time.


Sistem Operasi Multi-user dan Single-user : Sistem operasi komputer jenis ini memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses sistem komputer secara bersamaan.

Sistem time-sharing dapat diklasifikasikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan akses beberapa pengguna ke komputer melalui berbagi waktu. Sistem operasi single-user, sebagai lawan dari sistem operasi multi-user, yang dapat digunakan oleh satu pengguna pada satu waktu.


 Mampu memiliki beberapa account pada sistem operasi Windows tidak membuat sistem multi-user. Sebaliknya, hanya administrator jaringan adalah pengguna yang sebenarnya.

Tapi untuk sistem operasi mirip Unix, adalah mungkin bagi dua pengguna untuk login pada satu waktu dan OS ini membuatnya mempunyai kemampuan menjadi sistem operasi multi-user. Windows 95, Windows 2000, Mac OS, dan Palm OS adalah contoh dari sistem operasi single-user. Unix dan OpenVMS adalah contoh dari sistem operasi multi-user.


Sistem Operasi Multi-tasking dan Single-tasking : Ketika sebuah program tunggal yang diperbolehkan untuk berjalan pada satu waktu, sistem ini akan dikelompokkan di bawah kategori sistem single-tasking, sedangkan dalam kasus sistem operasi memungkinkan untuk pelaksanaan beberapa tugas pada satu waktu, itu diklasifikasikan sebagai sistem operasi multi-tasking. Multi-tasking dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu, pre-emptive atau co-operative.


Dalam pre-emptive multitasking, yang mengoperasikan sistem irisan waktu CPU dan mendedikasikan satu slot untuk masing-masing program.

Unix seperti sistem operasi Solaris dan Linux mendukung pre-emptive multitasking. Jika Anda menyadari terminologi multi-threading, Anda dapat mempertimbangkan jenis multi-tasking sebagai mirip dengan yang disisipkan multi-threading.
Co-operative multitasking dicapai dengan mengandalkan setiap proses untuk memberikan waktu pada proses lain dengan cara yang ditetapkan.


Jenis multi-tasking ini mirip dengan gagasan blok multi-threading di mana satu thread berjalan sampai diblok oleh yang lainnya. MS Windows sebelum Windows 95 digunakan untuk mendukung multitasking cooperative.

Palm OS untuk Palm handheld adalah sistem operasi single-task. Windows 9x mendukung multi-tasking. DOS Plus adalah sistem operasi multi-tasking yang relatif kurang dikenal. Hal ini dapat mendukung multi-tasking maksimal empat CP/M-86 program.


Sistem Operasi Distributed : Sistem operasi yang mengelola sekelompok komputer independen dan membuat mereka tampak menjadi satu computer yang dikenal sebagai sistem operasi terdistribusi. Perkembangan jaringan komputer yang dapat dihubungkan dan dibuat untuk berkomunikasi satu sama lain, memunculkan komputasi terdistribusi.

Perhitungan terdistribusi dilakukan pada lebih dari satu mesin. Ketika komputer dalam kelompok kerja dan bekerja sama, mereka membuat sistem terdistribusi.

Amuba, Plan9 dan LOCUS (dikembangkan selama tahun 1980-an) adalah beberapa contoh dari sistem operasi terdistribusi.



Sistem Embedded : Sistem operasi yang dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded yang dikenal sebagai sistem operasi embedded. Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil seperti PDA dengan otonomi kurang.

Mereka mampu beroperasi dengan jumlah sumber daya yang terbatas. Mereka sangat kompak dan sangat efisien dengan desain. Windows CE, FreeBSD dan Minix 3 adalah beberapa contoh dari sistem operasi embedded. Penggunaan Linux di sistem komputer embedded disebut sebagai Embedded Linux.



Sistem Operasi Mobile : Meskipun ini bukan tipe yang berbeda fungsional dari sistem operasi, OS mobile jelas merupakan hal yang penting dalam jenis daftar sistem operasi. Sebuah mobile OS mengontrol perangkat mobile dan desain yang mendukung komunikasi nirkabel dan aplikasi mobile.

Ia memiliki built-in mendukung untuk format multimedia mobile. Tablet PC dan smartphone berjalan pada sistem operasi mobile. Blackberry OS, Google Android dan Apple iOS adalah beberapa nama yang paling dikenal dari sistem operasi mobile.


Batch Processing dan Sistem Interaktif : Batch processing mengacu pada pelaksanaan program komputer dalam 'batch' tanpa intervensi manual. Dalam sistem batch processing, program dikumpulkan, dikelompokkan dan diproses di kemudian hari.

Ada yang tidak mendukung bagi pengguna untuk input, sebagai input data yang dikumpulkan terlebih dahulu untuk proses selanjutnya. Input data dikumpulkan dan diproses dalam batch, maka dinamakan batch processing. IBM z / OS memiliki kemampuan pemrosesan batch.

Saat proses berlangsung, operasi interaktif membutuhkan intervensi pengguna. Proses ini tidak dapat dijalankan dalam ketiadaan pengguna.


Online dan Offline Processing : Dalam pengolahan data online, pengguna tetap berhubungan dengan komputer dan proses dijalankan di bawah kendali central processing unit/CPU komputer. Bila proses tidak dieksekusi di bawah kontrol langsung dari CPU, pengolahan ini disebut sebagai offline. Mari kita ambil contoh batch processing.

Di sini, batching atau pengelompokan data dapat dilakukan tanpa pengguna dan intervensi CPU, bisa dilakukan secara offline. Namun pelaksanaan proses yang sebenarnya mungkin terjadi di bawah kontrol langsung dari prosesor, yang online.


Sistem operasi berkontribusi agar bisa menyederhanakan interaksi manusia dengan perangkat keras komputer. Mereka bertanggung jawab dalam menghubungkan program aplikasi dengan perangkat keras, sehingga mencapai akses pengguna yang mudah untuk komputer.