Wednesday, January 24, 2018

Layanan Google Efisien dan Relevan

Seperti perusahaan yang telah berkembang besar, Google merupakan perusahaan telah menambahkan beberapa layanan baru bagi penggunanya. Beberapa layanan google yang dirancang untuk membantu membuat pencarian Web yang lebih efisien dan relevan, sementara yang lain tampaknya memiliki sedikit kesamaan dengan mesin pencari dan banyak lagi layanan dari google yang gratis untuk dinikmati oleh siapa saja.

Dengan banyak Layanan Google yang telah memasuki persaingan langsung dengan perusahaan lain.

Layanan Google

Pencarian khusus Google adalah perpanjangan dari protokol mesin pencari normal. Dengan pencarian khusus, Anda dapat mempersempit pencarian ke sumber daya yang spesifik. Dan dapat memasukkan kata kunci ke Google dan mencari:
  • Gambar terkait dengan kata kunci yang dicari
  • Peta
  • Artikel berita atau rekaman
  • Produk atau jasa yang dapat membeli secara online
  • Entri blog yang mengandung kata kunci yang Anda pilih
  • Konten dalam buku-buku
  • Video
  • Makalah ilmia, dan sebagainya
Untuk pencarian tersebut, Google telah menciptakan indeks khusus yang hanya berisi sumber yang relevan. Misalnya, jika Anda mencari istilah "Planet Bumi" dalam kategori berita, hasil akan mencakup hanya artikel berita yang mengandung kata kunci tersebut. Hasilnya akan terlihat sangat berbeda dari yang normal SERP Google.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah meluncurkan layanan yang tidak berhubungan dengan mesin pencari pada pandangan pertama.

Sebagai contoh, Google Gmail adalah program e-mail gratis berbasis Web. Ketika layanan pertama kali diluncurkan, Google membatasi jumlah pengguna yang bisa membuat account.

Kelompok pertama pengguna bisa mengundang sejumlah orang untuk bergabung layanan, dan undangan begitu Gmail menjadi sebuah komoditas. Hari ini, siapa pun dapat mendaftar untuk account Gmail gratis.

Gmail mengatur e-mail ke dalam percakapan. Ini berarti bahwa ketika Anda mengirim e-mail kepada seseorang dan dia menjawab, baik e-mail dikelompokkan bersama sebagai benang dalam kotak masuk Anda. Hal ini membuat lebih mudah untuk mengikuti arus pertukaran e-mail.

Jika Anda membalas respon teman Anda, Google akan melampirkan pesan Anda ke bagian bawah benang. Sangat mudah untuk menavigasi melalui program e-mail dan ikuti percakapan tertentu.

Layanan gratis yang lain dari Google adalah Google Docs, yaitu database penyimpanan dan produktivitas software suite kolaboratif. Ini mencakup pengolahan, spreadsheet dan presentasi program word. Membuat akun Docs adalah gratis dan memungkinkan Anda untuk menyimpan hingga 5.000 dokumen dan gambar online.

Setiap dokumen bisa sampai 500 kilobyte, dan setiap gambar tertanam bisa sampai 2 megabyte. Anda dapat berbagi dokumen di Google Docs, yang memungkinkan teman Anda untuk melihat dan membuat perubahan pada dokumen.

Anda juga dapat menyimpan semua dokumen Anda di server Google dan mengaksesnya di mana pun ada koneksi internet dan masih banyak lagi layanan dari google yang lain dan gratis.