Sunday, September 16, 2018

Teknologi Panel Solar Cell Sebagai Pembangkit Listrik


Solar panel cell yang terdiri dari sel surya, juga dikenal sebagai fotovoltaik atau "PV" sel. Sel-sel ini terbuat dari dua potong silikon yang memiliki muatan listrik berlawanan, dan menyebabkan elektron mengalir bila terkena sinar matahari.


Pada tingkat yang paling dasar, panel surya, ketika terhubung ke materi yang tepat bersama dengan inverter dan baterai akan mengumpulkan energi dari matahari dan melepaskan kekuatan yang dapat digunakan.  

Panel solar yang ideal adalah untuk pembangkit listrik perumahan, tetapi juga dapat ditingkatkan untuk lebih besar dan aplikasi komersial.

Panel Solar Cell

Sementara paparan sinar matahari diperlukan untuk pelaksanaan dan efisiensi tertinggi panel surya, ada seringkali peluang untuk memanfaatkan teknologi ini dalam hubungannya dengan sumber informasi lainnya tentang energi terbaru untuk menghasilkan daya maksimum yang berguna bagi pemanfaatan sumber energy untuk manusia dan kemungkinan pengembalian investasi terbaik.
Solar atau tenaga surya cepat menjadi sumber energi terbaru yang populer karena pasokan tak terbatas dengan energi yang bersih dari matahari.

Hal ini terjangkau, efisien, handal dan memberikan kebebasan ketergantungan dari sumber energi tradisional seperti bahan bakar fosil, yang didapat dengan harga tinggi. Energi surya menjadi akan lebih mudah diakses dan memberikan kembali kenyataan atas investasi yang tidak ada duanya. Dengan kemajuan terus menerus dalam teknologi.

Cara Kerja Panel Solar Cell

Cara kerja panel surya cell dengan kita mungkin pernah melihat kalkulator dengan tenaga sel surya yaitu perangkat yang tidak perlu menggunakan baterai dan dalam beberapa kasus, bahkan tidak memiliki tombol off. Selama ada cahaya yang cukup, mereka akan bisa dioperasikan selamanya.


Anda juga mungkin telah melihat panel surya yang lebih besar yang sekarang sudah mulai marak digunakan untuk fasilitas umum, seperti yang saya liat di kota kelahiran saya sendiri yaitu Purbalingga, sudah banyak digunakan pada fasilitas-fasilitas umum seperti lampu yang berada di taman kota, lampu jalan, mungkin pada tanda-tanda darurat jalan, kotak panggilan, pelampung dan bahkan di tempat parkir untuk menyalakan lampu.


Meskipun panel yang digunakan lebih besar dan tidak seperti kalkulator bertenaga surya, di luar sana tidak sulit untuk menemukan tenaga surya karena berada di tempat terbuka.

Bahkan, photovoltaics - yang pernah digunakan hampir secara eksklusif dalam ruang, sistem listrik powering satelit 'sejauh 1958 - yang digunakan lebih banyak pada system tenaga pada satelit. Teknologi ini terus muncul dalam perangkat baru setiap saat, dari kacamata ke kendaraan listrik stasiun pengisian.


Harapan untuk "revolusi matahari" telah beredar selama beberapa dekade dengan gagasan bahwa suatu hari kita semua akan menggunakan listrik yang didapat gratis dari matahari.

Ini adalah harapan menggiurkan, karena pada hari yang cerah, sinar matahari melepaskan sekitar 1.000 watt energi per meter persegi pada permukaan planet. Jika kita bisa mengumpulkan semua energi itu, kita bisa dengan mudah memakai untuk daya listrik rumah dan kantor secara gratis.


Sel fotovoltaik: Konversi Foton untuk Elektron

Sel-sel surya yang Anda lihat di kalkulator dan satelit juga disebut photovoltaic (PV) sel, yang seperti namanya (foto berarti "cahaya" dan volta yang berarti "listrik"), langsung mengkonversi sinar matahari menjadi listrik.  

Modul adalah sekelompok sel elektrik terhubung dan dikemas ke dalam bingkai (lebih dikenal sebagai panel surya), yang kemudian dapat dikelompokkan ke dalam array surya yang lebih besar, seperti yang beroperasi di Nellis Air Force Base di Nevada.

Presiden Obama saat di Nellis Air Force Base di Nevada

Sel surya yang terbuat dari bahan khusus yang disebut semikonduktor seperti silikon, yang saat ini paling sering digunakan. Pada dasarnya, ketika cahaya diserap oleh sel, suatu bagian tertentu dari itu diserap dalam bahan semikonduktor.

Ini berarti bahwa energi cahaya diserap dan ditransfer ke semikonduktor. Energi yang mengetuk longgar elektron, yang memungkinkan mereka untuk mengalir bebas.


Sel PV juga semua memiliki satu atau lebih bidang listrik yang bertindak untuk memaksa elektron dibebaskan oleh penyerapan cahaya mengalir dalam arah tertentu. Aliran elektron adalah saat ini, dan dengan menempatkan kontak logam pada bagian atas dan bawah dari sel PV, kita dapat menarik panel off saat untuk penggunaan eksternal, seperti untuk daya kalkulator.

Saat ini, bersama-sama dengan tegangan sel (yang merupakan hasil dari built-in medan listrik atau medan), mendefinisikan kekuatan (atau watt) bahwa sel surya dapat menghasilkan energy yang lebih besar.