Thursday, March 22, 2018

Pengertian SEO - Search Engine Optimization

Setiap kali Anda memasukkan query di mesin pencarian seperti google dan tekan "enter", Anda akan mendapatkan daftar hasil web yang berisi istilah query.

Pengguna dari internet tersebut biasanya cenderung akan memilih untuk mengunjungi situs-situs yang berada di bagian atas dari daftar ini karena mereka menganggap beberapa situs tersebut menjadi lebih relevan dengan query.

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa dan bagaimana beberapa website tersebut mendapatkan peringkat lebih baik atau bagian teratas dalam mesin pencari/search engine daripada yang lain, maka Anda harus wajib tahu bahwa itu adalah dikarenakan ilmu teknik web pemasaran yang kuat dan disebut Search Engine Optimization (SEO).


Pengertian Search Engine Optimization - SEO

Pengertian SEO - Search Engine Optimization adalah teknik yang membantu mesin pencari menemukan dan mengoptimalkan peringkat situs/web Anda menjadi lebih tinggi atau paling teratas dari jutaan situs lain dalam menanggapi permintaan di pencarian/search engine.

SEO dengan demikian berfungsi untuk membantu Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari.
Tutorial SEO mencakup semua informasi yang diperlukan untuk membantu Anda mengetahui tentang apakah itu yang disebut Search Engine Optimization, mengerti bagaimana cara kerjanya dan perbedaan dalam kriteria peringkat mesin pencari utama.


Cara Kerja Search Engine - Mesin Pencari


1. Bagaimana Search Engine Bekerja

Kebenaran dasar pertama yang perlu Anda ketahui untuk belajar SEO - Search Engine Optimization adalah mesin pencari yang berati bukanlah manusia dan secara otomatis akan bekerja sendiri sesuai settingan dari pembuatnya.

Sementara ini mungkin jelas bagi semua orang, bagaimana perbedaan kinerja antara manusia dan mesin pencari melihat suatu halaman web.


Tidak seperti manusia, mesin pencari bekerja secara teks-driven atau susunan dari teks suatu web. Meskipun teknologi berkembang dengan pesat, mesin pencari jauh lebih dari makhluk cerdas yang dapat merasakan keindahan desain yang dingin atau menikmati suara dan gerakan dalam film.

Sebaliknya, cara kerja mesin pencari yaitu menjelajah Web, melihat item situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan penilaian tentang ide atau tema apa yang terdapat dalam sebuah situs.


Penjelasan singkat ini bukan yang paling tepat karena seperti yang kita akan lihat selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk mengambil hasil pencarian crawling, indexing/pengindeksan, processing/pengolahan, calculating relevancy /menghitung relevansi, dan retrieving/mengambil.

pekerjaan pertama sebuah mesin pencari yaitu akan menjelajah suatu Web untuk melihat apa yang ada di dalam web tersebut, terutama tulisan dalam web berisi tentang apa dan yang lain seterusnya. Tugas ini dilakukan oleh sebuah software yang disebut crawler atau spider (Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan indeks pada segala sesuatu yang mesin pencari temukan di akses yang mereka dapat.


Setelah di pikiran jumlah halaman di Web (lebih dari 20 miliar web di dunia), adalah mustahil untuk spider mengunjungi semua situs tersebut secara harian hanya untuk melihat apakah suatu halaman baru telah muncul atau jika halaman yang telah ada telah dimodifikasi, kadang-kadang crawler tidak mungkin berakhir sampai mengunjungi situs Anda untuk satu atau dua bulan. 

Yang mungkin dapat Anda lakukan untuk itu adalah untuk memeriksa apa yang crawler melihat dari situs Anda.

Seperti telah disebutkan, crawler tidak seperti manusia dan mereka tidak melihat gambar, film Flash, JavaScript, frame, halaman dilindungi sandi dan direktori, jadi jika Anda memiliki banyak postingan artikel di dalam situs Anda, Anda sebaiknya menjalankan Spider Simulator di bawah ini untuk melihat apakah ini Goodies yang dapat dilihat oleh laba-laba. Jika mereka tidak dapat dilihat, mereka tidak akan spider, tidak diindeks, tidak diproses, dll, dengan kata lain suatu web/blog tidak akan ada di mesin pencari.


Spider Simulator Enter URL to Spider





Setelah halaman dijelajahi, langkah berikutnya adalah untuk indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa, dari mana nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu.


Untuk manusia tidak akan mungkin untuk memproses jumlah tersebut informasi tetapi umumnya mesin pencari menangani baik-baik saja dengan tugas ini.

Kadang-kadang mereka mungkin tidak mendapatkan arti dari hak halaman tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkan itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar dan untuk Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada search engine.

Ketika datang permintaan pencarian, mesin pencari akan memproses dan membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang terindeks dalam database. Karena ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman (praktis itu adalah jutaan halaman) berisi string pencarian, mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman dalam indeks dengan string pencarian.
Ada berbagai algoritma untuk menghitung relevansi. Masing-masing algoritma mempunyai bobot relatif berbeda untuk faktor umum seperti kepadatan kata kunci, link, atau metatags. Itulah sebabnya mesin pencari berbeda memberikan hasil pencarian halaman yang berbeda untuk string pencarian yang sama.

Terlebih lagi, itu adalah fakta diketahui bahwa semua mesin pencari utama, seperti Yahoo!, Google, Bing, dll secara periodik mengubah algoritma dan jika Anda ingin tetap di bagian atas, Anda juga perlu menyesuaikan halaman Anda terhadap perubahan terbaru . Ini adalah salah satu alasan untuk mengabdikan upaya permanen untuk SEO, jika Anda ingin berada di puncak dari seacrh engine.

Langkah terakhir dalam aktivitas pencarian mesin ini sedang mengambil hasilnya. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekedar menampilkan mereka dalam browser, yaitu halaman tak berujung hasil pencarian yang diurutkan dari yang paling relevan dengan situs yang paling relevan.


2. Perbedaan Antara Mayor Search Engine

Meskipun prinsip dasar pada semua sitem operasi darimesin pencari adalah sama, perbedaan kecil antara mereka yang menyebabkan perubahan besar dalam hasil relevansi.

Ada saat-saat, ketika para ahli SEO bergurau tentang algoritma Bing yaitu yang disengaja dibuat hanya kebalikan dari orang-orang dari Google.

Sementara ini mungkin memiliki kebenarannya adalah masalah fakta bahwa mesin pencari utama seperti suatu hal-hal yang berbeda dan jika Anda berencana untuk menaklukkan lebih dari satu diantara mereka, Anda harus perlu mengoptimalkan secara hati-hati dalam setiap postingan yang dibuat pada web/blog Anda.
Banyak terdapat contoh perbedaan antara search engine. Misalnya, untuk Yahoo! dan Bing, faktor yang penting pada halaman kata kunci merupakan kepentingan utama, sedangkan untuk link Google sangat penting.

Juga, untuk situs Google seperti anggur yang lebih tua, semakin baik, sedangkan Yahoo! umumnya tidak memiliki preferensi yang diekspresikan terhadap situs dan domain dengan tradisi (yaitu yang lebih tua). Jadi Anda mungkin perlu lebih banyak waktu sampai Anda mendapatkan situs yang lebih berumur untuk diterima ke atas di Google, daripada di Yahoo.