Wednesday, May 30, 2018

Cara Melindungi Artikel dan Konten Blog

Bagaimana melindungi konten blog Anda? Hal itu sangatlah penting karena konten atau artikel milik Anda adalah aset yang berharga. Dibutuhkan upaya dan waktu, tidak hanya untuk menciptakannya, tetapi juga untuk melindunginya dari pencuri.

Sering kali, pencurian konten adalah sudah terlalu umum bahkan terlalu banyak dan hampir tak ada situs atau blog yang belum terpengaruh masalah artikel dan konten tersebut.


Pentingnya Melindungi Konten Blog

Di sisi lain, seperti pengalaman saya sendiri menunjukkan, ketika ada ribuan artikel yang akan tampak di search engine, proses ini membutuhkan waktu terlalu lama dan dalam prakteknya secara masuk akal melakukan proses ini hanya untuk artikel penting.

Lagi pula, Anda tidak bisa membiarkan begitu saja pencuri pergi dengan konten Anda dan Anda harus tahu apa yang harus dilakukan ketika mengalami pencurian. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana melindungi konten .


Mengapa Konten Merupakan Aset Penting?
Seperti yang kita katakan, “Content Is King” atau “ Konten Adalah Raja”. Anda perlu memiliki konten asli untuk menjadi peringkat yang baik di Google dan ini adalah mengapa Anda memerlukan artikel, gambar, video, dll untuk mempublikasikannya di situs Anda.

Namun, hal tersebut sangat mudah untuk menyalin dengan copy paste dan hal ini mengapa pencurian konten begitu umum.

Jika itu tidak cukup buruk bahwa Anda juga mengambil konten dari situs orang lain secara gratis, hukuman duplikat konten akan menambahkan penghinaan untuk hilang dari peredaran search engine. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk melindungi konten Anda sendiri dengan cara apapun.

Tentang Hak Cipta dan Watermarks
Mungkin terdengar seperti naif, karena terkadang pencuri tidak menyadari bahwa mereka mencuri. Ada banyak artikel, gambar, video, dll dalam berbagai domain publik yang bebas untuk digunakan, bahkan secara komersial.

Untuk menghindari kebingungan oleh para pembaca dari konten Anda, pastikan untuk menempatkan pemberitahuan Hak Cipta di footer dari situs Anda, atau bahkan lebih baik berada di bawah dari konten itu sendiri untuk hak cipta milik Anda.

Hal ini juga masuk akal untuk mengurangi terhadap pencurian konten. Misalnya, Anda dapat menambahkan watermark untuk gambar dan video, tetapi ini tidak 100% aman, tetapi mereka akan menghentikan beberapa pencuri karena dengan watermark Anda akan terlihat canggung untuk menggunakan konten itu di tempat lain.

Untuk artikel, Anda mungkin ingin menonaktifkan pemilihan teks. Ini akan membuat lebih sulit untuk menyalin konten secara langsung dan akan menghentikan banyak pencuri karena sekarang untuk menyalin konten Anda akan lebih sulit dari biasanya. Sayangnya, ada cara lain untuk menyalin konten Anda (meskipun harus dengan cara lain dan sedikit usaha yang tidak biasa).


Gunakan Google Authorship untuk Menjaga Konten
Google Authorship adalah alat yang sangat berguna ketika Anda ingin mendapat perlindungan konten dan membangun reputasi online Anda. Pada dasarnya, ide sederhana itu hanyalah memasukkan barang-barang online Anda dan klaim pemilik konten tentang hal itu.

Satu-satunya masalah adalah bahwa Anda harus menggunakan nama asli Anda sendiri, jika Anda menulis dengan nama samaran, penulis tidak dikenal, atau hanya tidak mau mengungkapkan kepengarangan Anda karena masalah privasi.

Jika situs Anda memiliki beberapa penulis, Anda masih dapat menggunakan Google Authorship , tetapi masing-masing dari mereka harus mengklaim artikel nya secara terpisah.
Setelah konten Anda dimasukkan dalam Google Authorship, Google akan tahu bahwa Anda yang menciptakannya, sehingga bahkan jika itu akan disalin di tempat lain, Anda tidak akan mendapatkan hukuman duplikat konten.

Atur Google Alerts untuk Memantau Konten
Melindungi konten dari pencurian adalah satu hal untuk menangkap pencuri lain. Bahkan jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik dalam menjaga konten, mungkin masih selalu ada pencuri juga. Cara termudah untuk menangkap dan menemukan mereka adalah dengan bantuan Google Alerts.
Google Alerts adalah layanan lain yang berguna dari Google. Tanpa masuk ke detail terlalu banyak, logika ini:

Menyalin kalimat dari teks Anda dan membuat tanda untuk diberitahu ketika mereka muncul secara online. Anda perlu membuat mereka cocok secara langsung, yaitu penggunaan kutipan, sehingga ketika kata-kata Anda ditemukan di tempat lain, Anda akan mendapatkan peringatan. Lebih baik jika Anda membuat 2 atau 3 alert per artikel, satu untuk paragraf pertama dan beberapa lagi di tempat acak dalam teks.

Paragraf pertama mungkin disalin lebih banyak, misalnya sebagai intro untuk artikel Anda dan diikuti dengan link ke situs Anda.

Ini bukan pencurian tapi Anda masih mungkin ingin untuk menyadari hal itu. Jika konten Anda diterbitkan dan Anda dikutip sebagai penulis, ini secara teknis bukan merupakan pencurian.

Mengajukan Pengaduan DMCA

Ketika kita sudah benar-benar merasa dirugikan dengan adanya konten milik sendiri yang di copy paste atau dicuri orang lain, maka langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat jera pencuri yaitu keluhan DMCA dengan Google.

Dengan Anda mengirimkan sebuah keluhan kepada DMCA (Digital Millennium Copyright Act) dengan Google untuk memberitahu mereka untuk deindex konten yang dicuri dari Anda. Dalam hal ini “dicuri” berarti digunakan tanpa izin atau tanpa memberitahu Anda.


Google biasanya cepat dalam menghapus konten curian, sehingga Anda dapat mengharapkan bahwa segera setelah Anda mengirimkan keluhan, akan dihapus dari indeks Google yang sangat merugikan bagi Anda sendiri.