Breaking

Thursday, January 27, 2022

Penyakit Batu Ginjal dan Jenisnya

Batu ginjal adalah bagian yang solid dari materi yang terbentuk di ginjal ketika zat yang biasanya ditemukan dalam urin menjadi sangat terkonsentrasi pada ginjal. Sebuah batu mungkin berada di ginjal melalui perjalanan ke saluran kemih.


Batu ginjal bervariasi ukurannya, sebuah batu kecil dapat menyamai dengan batu ginjal, dan menyebabkan sedikit rasa sakit sedikit atau bahkan tidak sakit.

Berbeda dengan sebuah batu besar yang mungkin terjebak di sepanjang saluran kemih dan dapat memblokir aliran urin, hal itu akan menyebabkan sakit parah atau perdarahan.


Batu ginjal merupakan salah satu gangguan yang paling umum dari saluran kemih. Setiap tahun di Amerika Serikat, penduduknya membuat lebih dari satu juta kunjungan ke penyedia layanan kesehatan atau rumah sakit dan lebih dari 300.000 orang pergi ke ruang gawat darurat untuk masalah batu ginjal.
Urolitiasis adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan batu yang terjadi di saluran kemih.

Istilah yang sering digunakan lainnya adalah saluran penyakit batu kemih dan nefrolitiasis. Istilah yang menggambarkan lokasi batu di saluran kemih kadang-kadang digunakan sebagai nama. Misalnya, ureter ureterolithiasis adalah batu ginjal yang ditemukan di ureter.
1Urinary tract stones. In: Litwin MD, Saigal CS, eds. Urologic Diseases in America. Department of Health and Human Services, Public Health Service, National Institutes of Health, National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Washington, D.C.: Government Printing Office; 2012. NIH publication 12–7865.



Apa itu saluran kemih?

Saluran kemih adalah sistem drainase tubuh untuk menghilangkan limbah dan air ekstra yang tidak berguna bagi tubuh.

Saluran kemih meliputi dua ginjal, dua ureter, kandung kemih, dan uretra. Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang, masing-masing seukuran kepalan tangan.

Mereka terletak dekat bagian tengah belakang, tepat di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang.


Setiap hari, dua ginjal memproses sekitar 200 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urine, terdiri dari limbah dan air ekstra.

Urin mengalir dari ginjal ke kandung kemih melalui tabung yang disebut ureter. Kandung kemih menyimpan urin sampai melepaskannya dengan melalui buang air kecil.

Ketika mengosongkan kandung kemih, urin mengalir keluar dari tubuh melalui tabung yang disebut uretra di bagian bawah kandung kemih.

Siapapun bisa mendapatkan batu ginjal, tetapi beberapa orang lebih mungkin untuk mendapatkan satu. Pria lebih sering terkena daripada wanita, dan batu ginjal lebih sering terjadi pada non-Hispanik orang kulit putih daripada di non-Hispanik orang kulit hitam dan orang Amerika Meksiko.


 Orang gemuk dan obesitas lebih mungkin untuk mendapatkan batu ginjal daripada orang dengan berat badan normal. Di Amerika Serikat, 8,8 persen dari populasi, atau satu dari 11 orang, memiliki batu ginjal.


Penyebab Batu Ginjal

Penyebab batu ginjal dapat terbentuk ketika zat dalam urin seperti kalsium, oksalat, dan fosfor menjadi sangat terkonsentrasi.

Makanan tertentu dapat mempromosikan dalam pembentukan batu ginjal pada orang yang rentan, tetapi para ilmuwan tidak percaya bahwa memakan setiap makanan tertentu menyebabkan batu untuk dapat membentuk pada orang yang tidak rentan.


Orang yang tidak minum cukup cairan juga mungkin menghadapi risiko yang lebih tinggi, seperti urin mereka lebih terkonsentrasi.
Kriteria orang-orang yang berada pada peningkatan risiko batu ginjal adalah sebagai berikut:
  • hiperkalsiuria, suatu kondisi yang berjalan dalam keluarga di mana urin mengandung kalsium dengan jumlah yang luar biasa besar, ini adalah kondisi yang paling umum ditemukan pada orang-orang yang membentuk batu kalsium
  • riwayat keluarga yang mempunyai penyakit batu ginjal
  • kistik penyakit ginjal, yang merupakan gangguan yang menyebabkan kantung berisi cairan yang terbentuk pada ginjal
  • hiperparatiroidisme, suatu kondisi dimana kelenjar paratiroid, yang empat seukuran kacang kelenjar yang terletak di leher, melepaskan hormon terlalu banyak, menyebabkan ekstra kalsium dalam darah
  • ginjal tubular asidosis, suatu penyakit yang terjadi ketika ginjal gagal untuk mengeluarkan asam ke dalam urin, yang menyebabkan darah seseorang untuk tetap terlalu asam
  • cystinuria, suatu kondisi di mana urin mengandung tingkat tinggi dari asam amino sistin
  • hyperoxaluria, suatu kondisi di mana urin mengandung oksalat dalam jumlah yang luar biasa besar
  • hyperuricosuria, gangguan metabolisme asam urat
  • gout, suatu kelainan yang menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan sendi
  • penyumbatan saluran kemih
  • peradangan kronis dari usus
  • sejarah gastrointestinal (GI) saluran operasi



Jenis-jenis Batu Ginjal

Empat jenis utama dari batu ginjal dapat membentuk:
  • Batu kalsium adalah jenis yang paling umum dari batu ginjal dan terjadi dalam dua bentuk utama yaitu kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Kalsium oksalat adalah batu yang lebih umum. Kalsium oksalat dalam pembentukan batu dapat disebabkan oleh kalsium tinggi dan ekskresi oksalat yang tinggi. Kalsium fosfat disebabkan oleh kombinasi kalsium urin tinggi dan urin alkali, berarti urin memiliki pH tinggi.

  • Batu asam urat terbentuk ketika urin terus menerus menjadi asam. Diet yang kaya zat purin yang ditemukan dalam protein hewani seperti daging, ikan, dan kerang, dapat meningkatkan asam urat dalam urin. Jika asam urat menjadi terkonsentrasi dalam urin, dapat menetap dan membentuk batu dengan sendirinya atau bersama dengan kalsium.

  • Batu struvite hasil dari infeksi ginjal. Menghilangkan batu yang terinfeksi dari saluran kemih dan tinggal bebas infeksi dapat mencegah batu struvite lebih.

  • Batu sistin hasil dari kelainan genetik yang menyebabkan sistin bocor melalui ginjal dan ke dalam urin, membentuk kristal yang cenderung menumpuk menjadi batu.