Friday, April 14, 2023

Deteksi Penyakit Melalui Lidah (Warna Lidah)

Jendela kesehatan anda bukan hanya mata, kuku dan rambut. Lidah juga bisa sebagai jendela kesehatan anda. Dari lidah kita bisa mendeteksi suatu penyakit pada tubuh kita. Ternyata, hanya dengan melihat kondisi lidah, kita bisa mendapat dugaan awal seputar penyakit kita.

Dalam pengobatan tradisional china maupun jawa, observasi lidah bahkan menjadi salah satu tonggak utama untuk menentukan diagnosa. "Lidah memberikan gambaran kelainan yang objektif dan mudah terlihat".

Kelainan yang terjadi dan komplikasinya, kadang-kadang dapat sangat membingungkan. Tetapi pada hampir semua kasus, pemeriksaan, lidah dapat menunjukan gangguan pokok yang menjadi dasar penyebab kelainan itu.

Ada 4 hal yang perlu kita perhatikan pada pemeriksaan lidah, yakni;

1. Warna lidah
2. Bentuk lidah
3. Selaput lidah dan
4. Kelembaban lidah

WARNA LIDAH

Warna lidah normal adalah merah muda. Namun, seringkali warna lidah seseorang tidak merah muda. Warna patalogis yang sering di observasi adalah pucat, merah, merah tua, merah keunguan dan biru. apa artinya?

Pucat

Jika warna lidah anda pucat, itu menunjukkan adanya sirkulasi atau produksi darah yang tidak baik. Karena terkait dengan sirkulasi udara, kemungkinan terjadi masalah dengan hati anda, pasalnya salah satu fungsi hati fiter darah.

Kekukningan

Jika lidah anda berwarna kekuningan, berarti ada infeksi bakteri, baik dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh. jika warna kuningnya menuju kearah kehijauan berarti infeksi bakterinya semakin parah.

Merah

Jika lidah anda berwarna merah, itu menandakan adanya panas. Jika warna merah hanya ada pada ujung lidah, itu menandakan adanya panas pada jantung anda.
Jika warna merah hanya terdapat pada sisi lidah, baik sisi kanan maupun kiri, itu mununjukkan adanya panas dalam hati atau kandung empedu.
Jika warna merahnya gelap, yakni merah tua, itu menandakan kondisi yang sama, yakni adanya panas, namun keadaan si penderita sudah lebih parah.

Ungu

Jika lidah anda berwarna ungu, itu menunjukkan ada statis darah atau darah yang kurang lancar. Warna ungu yang dimaksud disini ada 2 macam, yaitiu merah ungu dan biru ungu.
Merah ungu adalah kelanjutan lidah merah dan berarti adanya panas dan statis.
Biru ungu adalah kelanjutan lidah pucat dan berarti adanya dingin dan statis darah pada penderita.

Biru

Jika lidah anda berwarna biru, berarti terjadi keadaan yang sama dengan jika lidah anda berwarna biru keunguan, yaitu adanya dingin di dalam tubuh yang mengakibatkan statis darah. Namun kondisinya lebih parah.