Wednesday, May 10, 2023

Memahami Pengertian Penyakit Ginjal

Ginjal adalah dua organ yang terletak di kedua sisi tulang belakang di tengah-tengah punggung, tepat di atas pinggang. Mereka melakukan beberapa tugasnya dalam mempertahankan peran hidup manusia.


Mereka membersihkan darah Anda dengan menghapus limbah dan kelebihan cairan, menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah Anda, dan membantu mengatur tekanan darah.

Ketika ginjal menjadi rusak, limbah produk dan cairan dapat membangun di dalam tubuh, menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemah, kurang tidur, dan sesak napas.

Jika tidak diobati, penyakit ginjal mungkin akhirnya berhenti berfungsi sepenuhnya. Hilangnya fungsi ginjal adalah suatu yang serius - kondisi - dan berpotensi fatal.

Setiap ginjal berbentuk kacang adalah 4-5 inci panjang dan berisi sekitar satu juta nefron, yang seperti kantong kecil. Setiap nefron memiliki filter di salah satu ujung, yang disebut glomerulus, untuk menyaring darah Anda.

Fungsi ginjal secara keseluruhan Anda dapat diukur dengan seberapa cepat darah disaring melalui glomeruli tersebut. Pengukuran ini disebut laju filtrasi glomerulus.

Ginjal sehat menangani peran yang spesifik:
  • Menjaga keseimbangan air dan konsentrasi mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfor, dalam darah Anda
  • Membunag produk bahan kimia dari darah setelah pencernaan, aktivitas otot, dan paparan bahan kimia atau obat-obatan
  • Menghasilkan renin, enzim yang membantu mengatur tekanan darah
  • Menghasilkan eritropoietin, yang merangsang produksi sel darah merah
  • Menghasilkan bentuk aktif vitamin D, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang


Apa Penyebab Cedera Ginjal Akut (Gagal Ginjal Akut)?

Hilangnya fungsi ginjal disebut cedera ginjal akut, juga dikenal sebagai gagal ginjal akut. Hal ini dapat terjadi setelah trauma kepala dengan kehilangan darah, pengurangan tiba-tiba aliran darah ke ginjal, kerusakan ginjal dari shock selama infeksi berat yang disebut sepsis, obstruksi aliran urin, atau kerusakan dari obat tertentu atau racun.

Cedera ginjal akut juga bisa terjadi akibat komplikasi kehamilan, seperti eklampsia dan pre-eklampsia, atau Sindrom HELLP terkait.



Pelari Marathon dan atlet lainnya yang tidak minum cukup cairan saat berlaga di jarak jauh peristiwa ketahanan mungkin menderita gagal ginjal akut karena kerusakan tiba-tiba jaringan otot.

Ini kerusakan otot melepaskan mioglobin kimia yang disebut yang dapat merusak ginjal. Obstruksi aliran urin, seperti dengan pembesaran prostat, juga dapat menyebabkan cedera ginjal akut.


Apa Penyebab Penyakit Ginjal Kronis?

Kerusakan ginjal dan penurunan fungsi yang berlangsung lebih dari 3 bulan disebut penyakit ginjal kronis.

Penyakit ginjal kronis sangat berbahaya, karena Anda mungkin tidak memiliki gejala apapun sampai cukup, sering dapat diperbaiki, kerusakan ginjal telah dilakukan. Diabetes (tipe 1 dan 2) dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari penyakit ginjal kronis. Penyebab lainnya adalah:



Kondisi Sistem kekebalan tubuh, seperti lupus, dan penyakit virus kronis seperti HIV / AIDS, hepatitis B, dan hepatitis C.