Friday, May 12, 2023

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu hal penting yang telah dipelajari adalah bahwa kita masing-masing memiliki pengaruh signifikan atas sebagian besar faktor risiko. Dan karena itu, untuk sebagian besar orang masing-masing memegang nasib jantung tubuh kita ini di tangan kita sendiri.

Bahkan orang yang memiliki kecenderungan genetik yang kuat terhadap penyakit jantung sering dapat secara signifikan menunda timbulnya masalah jantung dengan mengadopsi gaya hidup sehat.

Kesehatan Jantung

Sementara pada saat ini penyakit jantung membunuh lebih banyak orang dan wanita dari penyakit lainnya di negara maju, ternyata ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Banyak yang telah belajar banyak dalam beberapa tahun terakhir tentang faktor risiko yang mempengaruhi untuk penyakit jantung.


Setidaknya ada delapan kategori pilihan gaya hidup yang secara substansial dapat mempengaruhi kemungkinan berkembangnya penyakit jantung.

Berikut ini adalah daftar sumber daya yang akan membantu Anda memahami jenis perubahan gaya hidup, untuk membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga jantung Anda sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Ada banyak cara di sekitar tentang menjaga jantung yang sehat. Dan, sementara ide-ide bisa datang dan pergi, bukti konsisten menunjuk ke 7 faktor penting yang membantu untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu :


1. Mengurangi lemak dalam tubuh
Sebuah jumlah tertentu lemak yang baik untuk diet seimbang, tetapi mengurangi jumlah lemak dan jenis lemak yang Anda makan.

Lemak jenuh mempengaruhi kadar kolesterol darah, jadi cobalah untuk makan produk susu dengan lemak lebih sedikit, kue, cookies, kue-kue dan Burger dan ganti dengan lemak monosaturated seperti minyak zaitun dan rapeseed, kacang-kacangan dan alpukat pir.

Lemak tak jenuh ganda dalam jumlah kecil membantu mengurangi kolesterol pada ikan berminyak (salmon, sarden) dan minyak seperti bunga matahari, jagung dan minyak kedelai yang baik.


2. Makan sedikit garam
Makan terlalu banyak garam telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Tingkat dianjurkan adalah 6g sehari.

Menempatkan garam dalam memasak lebih sedikit dan mencoba untuk tidak menambahkan garam setiap makanan.


3. Latihan Olahraga Teratur
Olahraga teratur meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol darah. 30 menit latihan moderat setiap hari dianjurkan.


4. Jaga berat badan
Terlalu banyak kalori, makanan berlemak, dan kelebihan berat badan benar-benar buruk bagi Anda. Ini menempatkan tekanan ekstra dan ketegangan pada hati Anda, membuat Anda merasa lesu dan de-energized dan mempengaruhi citra diri Anda dan kepercayaan diri.

Cobalah makan lebih banyak buah dan sayuran, kurangi makanan manis, makan lebih banyak karbohidrat dimurnikan seperti roti biji, sereal dan pasta gandum.

Serat larut yang disebut juga dapat membantu mengurangi kolesterol dan terdapat pada gandum, kacang-kacangan dan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong dan kacang panggang.


Berhenti merokok adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan. Ini secara dramatis memotong kesempatan Anda untuk penyakit jantung dan pernapasan menjadi terkendali, kanker dan emphysema.

Jika Anda telah memiliki serangan jantung dan dengan berhenti merokok akan mengurangi resiko yang kedua.


6. Pikirkan perubahan gaya hidup daripada diet
Dengan hidup dan makan dengan cara yang sehat Anda akan merasa lebih baik, lebih bersemangat, lebih percaya diri dan bahagia.
Memonitor status kesehatan Anda. Tetap memeriksa indeks massa tubuh Anda. Dapatkan mesin tekanan darah dan mengawasi tekanan darah Anda. Dapatkan diri Anda diputar pada waktu yang tepat.