Membahas segala yang terjadi pada kehidupan sehari-hari, informasi kesehatan, adventure, wisata, komputer, android, internet, google, seo

Rute Perjalanan Gunung Bromo Via Probolinggo

Untuk perjalanan ke gunung bromo sendiri ada beberapa rute yang dapat ditempuh. Sekilas akan saya bahas terlebih dahulu mengenai obyek Wisata Bromo. Bromo adalah sebuah gunung api yang terdapat di Jawa Timur yang berada di 4 kawasan perbatasan Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Jadi tidak heran jika banyak wisatawan lokal menganggap bahwa wisata gunung bromo berada di kawasan kota Malang untuk itu saya akan memberikan informasi tentang Peta Jalur Dan Rute Gunung Bromo yang benar sehingga mempermudah kunjungan anda ke gunung wisata terkenal dan banyak di cari saat ini.

Untuk jalur ke Gunung Bromo lewat Probolinggo dan transit di Desa Sukapura, untuk selanjutnya naik jeep menuju ke Gunung Bromo. Ada dua pilihan tempat ‘transit’ sebelum ke Gunung Bromo : Desa Sukapura dan Desa Ngadisari (Cemoro Lawang). Sebagian besar lebih memilih Cemoro Lawang karena lebih dekat (hanya 4 km dari Bromo), dibandingkan Sukapura yang berjarak kurang lebih 13 km.

Ngadisari, bersama dengan dua desa lainnya, yaitu Wonotoro dan Jetak, merupakan kawasan lereng perbukitan Cemoro Lawang, desa terdekat dengan Gunung Bromo. Cemoro Lawang berada di ketinggian 2200 mdpl. Dari ujung desa Cemoro Lawang, kamu bisa menikmati pemandangan indah Gunung Bromo dan Gunung Batok yang diselimuti oleh kabut di pagi hari.

Cara menuju Cemoro Lawang (Surabaya – Tongas (Probolinggo) – Sukapura – Cemoro Lawang – Bromo), kamu bisa naik bus mini atau bison dari Terminal Bayuangga, menuju selatan ke Kecamatan Sukapura, dan selanjutnya ke Desa Ngadisari (Cemoro Lawang).

Akses mudah meski jalan berkelok. Sesampainya di Cemoro Lawang, bisa menginap di motel (ada beberapa hotel kelas Melati ) dan Homestay. Untuk harga menginap dari 100 ribu dengan warung makan yang cukup banyak pilihan, dengan harga sangat terjangkau.

Jalur Cemoro Lawang

Jalur Cemoro Lawang – Gunung Bromo – Cemoro Lawang, biasa dilalui oleh banyak pengunjung dengan berjalan kaki atau menunggang kuda (sekitar three jam). Kalau kamu mengunjungi pagi hari, dapat melihat matahari terbit, jika dilakukan di siang hari, pengunjung akan dapat dengan jelas melihat gunung Bromo dengan semua aktifitasnya.

Cobalah pula, rute lautan pasir di sekitar gunung Tengger : Cemoro Lawang – Gunung Bromo – Gunung Watangan – Cemoro Lawang. Rute ini pasti disukai yang suka tantangan. Jalurnya riskan dan tidak mudah dilalui.  Harus melewati dua jurang dan membutuhkan waktu 4 jam.

Lewat rute ini, kamu bisa menikmati panorama yang indah dari Segoro Wedi Lor (Lautan Pasir sisi Utara), yang sebenarnya merupakan kawasan kawah aktif dari Gunung Watangan ini dan masih jarang dikunjungi, sehingga kondisinya masih alami dan perawan.

Ada pula, rute Cemoro Lawang – Penanjakan – Cemoro Lawang. Jalur ini meliputi jalan di sekitar puncak Penanjakan. Butuh waktu 5 jam perjalanan. Spot paling menarik adalah kaldera Tengger dan pemandangan eksotis lainnya.

Lalu, rute Cemoro Lawang – Gunung Bromo – Watangan – Goa Lava – Cemoro Lawang. Ini rute terbaik untuk belajar goa lava, bisa ditemukan di wilayah goa atau daerah Sumur Pitu. Banyak goa terbentuk dari Gunung Kursi yang mengalami proses pendinginan. Memerlukan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan.


Sewa Jip Bromo dari Sukapura atau Cemoro Lawang

Untuk Sewa Jip Bromo dari Sukapura atau Cemoro Lawang , ada dua penawaran.

  1. Penjemputan di Terminal Sukapura, dan jip mengantar menuju 4 lokasi wisata, dawn di Penanjakan (View point 1), Kawah Gunung Bromo, Padang Savana Teletubbies di Bromo, Pasir Berbisik Gunung Bromo. Setelah itu, mengantar ke Desa Sukapura.
  2. Penjemputan Terminal Sukapura, mengantar menuju 2 lokasi, View factor 1 gunung Penanjakan untuk menikmati dawn, kemudian Kawah Gunung Bromo. Setelah itu jip mengantar kembali ke Desa Sukapura.


Contoh Harga Sewa Jip dari Sukapura atau Cemoro Lawang
Sukapura ➜ Penanjakan 1 dan Kawah Bromo (600.000)
Sukapura ➜ Penanjakan 2/Mentigen dan Kawah Bromo (550.000)
Sukapura ➜ Penanjakan 1, Kawah Bromo + Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubbies (650.000)
Cemoro Lawang ➜ Penanjakan 1, Kawah Bromo (600.000)
Cemoro Lawang ➜ Penanjakan 1, Kawah Bromo + Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubbies (Rp 650.000)

Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Surabaya (Juanda) : Rp 1.650.000
Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Malang : Rp 1.550.000

Keterangan :

  1. Harga hanya ancar-ancar, setiap pemilik jasa punya aturan sendiri. Silakan nego dengan mereka.
  2. Harga dapat berubah-ubah, tergantung cuaca dan musim kunjungan.
  3. Rata-rata kapasitas jip maksimum 6 orang.
  4. Umumnya, harga sudah termasuk sewa 1 jip, driver, BBM, dan tidak termasuk tiket masuk, makan, pengeluaran pribadi dan asuransi pribadi.


Contoh Rincian Perjalanan:
  • Pukul 03.00 : menjemput di lokasi penginapan atau di parkiran jip
  • Pukul 03.45 : Sampai Puncak Penanjakan dan menikmati matahari terbit Bromo
  • Pukul 06.00 : Turun dari Penanjakan 1 menuju kawah Bromo. Sesampai di area parkir Bromo, bisa jalan kaki atau naik kuda untuk menuju kawah Bromo
  • Pukul 08.00 : Setelah selesai dari Kawah Bromo, rute perjalanan menuju Pasir Berbisik
  • Pukul 09.00 : Menikmati indahnya pemandangan Savana/Bukit Teletubbies